Kamis, 24 Februari 2011

Bos Fiat Digaji Rp116,43 Juta per Hari

 

 
 Gaji Gubernur Bank Indonesia mencapai Rp265 juta per bulan dan Presiden  RI Rp150 juta per bulan. Luar biasa bukan! Ternyata, jumlah tersebut belum seberapanya jika dibandingkan dengan gaji dari pimpinan tertinggi prinsipal otomotif Italia, Fiat Group Automobiles S.p.A, Sergio Marchionne yang mengantongi Rp116, 43 juta per hari. Angka tersebut didapat dari penerimaannya selama setahun pada 2010 sebesar  4,8 juta dollar AS atau setara dengan Rp42,5 miliar.
Jumlah tersebut belum termasuk bonus dan insentif  yang memang tidak diterimanya dari perusahaan lantaran dampak dari krisis keuangan global.  Tak heran, 4,8 juta dollar AS itu mengalami penurunan 27 persen dari 2009. Padahal, semula dia dijanjikan ada tambahan bonus 1,86 juta dollar AS (Rp 16,4 miliar) per tahun untuk memimpin Fiat.
Nah, karena Fiat dan Chrysler saling menggabungkan bisnisnya di industri otomotif, Marchionne tentu mendapatkan bayaran terpisah dari merek asli AS itu. Tapi sampai sekarang, pabrikan yang bermarkas di Auburn Hills itu belum mengumumkan berapa jumlah uang yang masuk ke rekening Marchionne yang juga menjabat chief executive officer Chrysler (sahamnya 25 persen milik Fiat).
Chrysler cuma menyatakan, pemotongan gaji harus dilakukan hingga 500.000 dollar AS untuk 25 eksekutif tertinggi perusahaan. Tapi Marchionne dan beberapa perwakilan eksekutif dari Fiat seperti tak dikenakan pembebasan ini.

sumber: http://kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar